Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Dibawah 2 Tahun

Salah satu hal yang seringkali membuat orang tua gelisah adalah tak merasa sudah melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati demi tumbuh kembangnya, terutama kecerdasannya. Saat memasuki usia 6 bulan, anak boleh diberi makanan pendamping asi, misalnya sari buah, buah, bubur, dan sebagainya. Lalu bagaimana bila balita Anda yang berusia kurang dari 2 tahun tidak bernafsu makan besar sebagaimana teman-temannya? Perlukah memberikan vitamin penambah nafsu makan anak dibawah 2 tahun?  Simak ulasannya!

Menu makanan dengan kandungan vitamin penambah nafsu makan anak dibawah 2 tahun

Nutrisi yang mencukupi kebutuhan si kecil adalah salah satu faktor pertumbuhan dan perkembangannya menjadi optimal. Tapi memaksa mereka mengonsumsi makanan yang menurut Anda sehat juga bukan sesuatu yang bijaksana karena dapat menjadi sumber trauma si kecil. Beberapa orang tua mungkin memberikan vitamin penambah nafsu makan anak 2 tahun sebagai solusinya.

Ini sebenarnya diperbolehkan asalkan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Selain itu pastikan bahwa suplemen penambah nafsu makan tersebut tak membawa dampak buruk bagi kesehatan. Nah, sebelum memberikan multivitamin tersebut untuk buah hati Anda, bagaimana kalau mencoba beberapa bahan alami berikut ini untuk dicampurkan dalam menu makanan mereka.

  • Campuran buah berry dan yoghurt

Tak hanya mempunyai kandungan antioksidan, vitamin, dan berbagai nutrisi lain yang berguna bagi tubuh, campuran kedua bahan tersebut juga dapat memulihkan nafsu makan balita Anda. Untuk menarik minat si kecil, kreasikan kedua bahan agar penampilannya semakin menarik. Cobalah dahulu dengan porsi kecil, dan bila si kecil suka Anda boleh menambahkan porsinya.

  • Krim pisang

Pisang bisa menjadi makanan pengganti bila anak enggan mengonsumsi makanan padat lainnya. Agar si kecil tertarik untuk  mencicipi, olah buah pisang yang sudah masak menjadi krim pisang. Untuk  menambah energi si kecil  Anda boleh menambahkan madu sehingga rasanya lebih manis yang pasti disukai sbuah hati Anda.

  • Susu dan keju

Tak hanya merupakan makanan yang kaya kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium,  bahan makanan tersebut berkhasiat untuk merangsang nafsu makan buah hati.

  • Temulawak dan madu

Beberapa jenis tanaman rimpang-rimpangan memang dikenal mempunyai khasiat farmakologi yang besar. Temulawak misalnya, yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan anak. Beri campuran madu agar perasan rimpang temulawak mempunyai citarasa yang lebih manis. 

  • Makanan berserat

Berbagai makanan yang mudah dicerna seperti nasi dan sayuran umbi-umbian juga mempunyai khasiat menambah nafsu makan anak.

Untuk menciptakan kreasi hidangan tersebut serta menyajikannya dengan bentuk-bentuk yang lebih menarik Anda bisa mencari referensi di internet atau dengan mengakses tutorialnya di Youtube.

Selain memberikan asupan menu makanan di atas yang juga berkhasiat sebagai vitamin penambah nafsu makan anak dibawah 2 tahun, cobalah beberapa tips berikut agar si kecil semakin lahap menyantap makanannya.

  • Mengajak berolahraga

Sejak berusia 1 tahun anak sudah mengerti gerakan-gerakan yang mudah. Untuk  mengajak buah hati berolahraga Anda bisa merancangnya menjadi permainan yang seru. Latihan berenang bisa menjadi alternatif yang bisa dicoba, hanya pastikan bahwa anak berada di bawah pengawasan instruktur professional. Dengan bergerak secara aktif kalori dalam tubuhnya akan terbakar sehingga ia mudah lapar.

  • Hindari minum sebelum makan

Sebelum jadwal makannya, pastikan si kecil tidak minum apa pun, baik air putih, sirup, susu, atau yang lainnya agar perutnya tetap kosong sehingga ada ruangan untuk makanannya. Minum langsung setelah makan juga bukan kebiasaan yang baik karena bisa mengganggu penyerapan zat gizi.

  • Buatlah suasana makan seru dan menyenangkan

Buatlah si kecil tertawa bahagia karena ini akan membuatnya mudah lapar. Jadi pastikan suasana makannya seru dan menyenangkan sehingga Anda tak perlu lagi memberinya vitamin penambah nafsu makan anak dibawah 2 tahun.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *