Vitamin Anak Untuk Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik mampu mencegah datangnya berbagai jenis penyakit. Terlebih bagi anak-anak yang seringkali bermain di sembarang tempat serta mengonsumsi makanan secara sembarangan, penyakit dapat menyerang setiap saat. Dibutuhkan Vitamin anak daya tahan tubuh yang dapat diperoleh melalui asupan makanan sehari-hari.

anak diserang kuman penyakit

Makanan sehat dengan banyak kandungan vitamin serta nutrisi umumnya ditemukan dalam buah-buahan serta sayuran. Vitamin yang diperoleh dari bahan alami lebih baik khasiatnya dibandingkan dengan vitamin berbentuk suplemen buatan pabrik.

Ragam Vitamin anak daya tahan tubuh

Agar anak terhindar dari serangan virus, bakteri maupun jamur yang mengganggu, ibu bisa memberi mereka beragam jenis vitamin yang berikut ini.

  1. Vitamin A

Vitamin anak daya tahan tubuh yang pertama adalah vitamin A. Jenis vitamin bagus dalam menjaga sistem saraf serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Vitamin A dapat diperoleh dari banyak jenis makanan alami seperti labu kuning, ubi jalar, mangga, tuna, sayuran hijau, wortel dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan kesehatan anak, mengonsumsi vitamin dalam bentuk buah serta sayuran segar sebaiknya dilakukan secara rutin. buah serta sayur sendiri mengandung banyak jenis vitamin, serat serta mineral yang baik bagi kesehatan buah hati.

  1. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh si buah hati. Mengonsumsi vitamin C secara rutin baik dalam menghindarkan anak dari serangan infeksi. Bukan hanya itu, vitamin C juga bagus untuk mempercepat penyembuhan luka.

Mengingat anak kecil seringkali bermain di sembarang tempat, kecenderungan mereka untuk mendapatkan luka tentunya meningkat. Dalam kondisi ini peran vitamin C tentu sangat dibutuhkan. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah jeruk brokoli, straberry, jambu biji dan lain-lain.

  1. Vitamin D

Vitamin anak daya tahan tubuh selanjutnya adalah vitamin D. Selain dari makanan, vitamin D juga bisa didapat dari sinar matahari pada pagi hari. Vitamin D berfungsi untuk memperbaiki terjadinya kerusakan tulang, memadatkan tulang, menyehatkan gigi sekaligus bagus bagi kesehatan organ dalam.

Vitamin D bisa bertindak sebagai antioksidan serta antibakteri yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Jenis vitamin ini juga baik dalam mempercepat sembuhnya luka ataupun peradangan yang dialami oleh si kecil.

 

Selain vitamin anak yang bagus, anak juga sebaiknya dibiasakan mengonsumsi air putih untuk kesehatan mereka. Konsumsi air putih cukup menghindarkan seseorang dari dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat membuat keseimbangan tubuh tidak normal serta merusak antibodi. Ketika antibodi rusak, maka kuman, bakteri ataupun jamur dapat dengan mudah menimbulkan gangguan kesehatan. Air putih sebaiknya dikonsumsi dalam takaran yang tepat yaitu 8 liter sehari.

Dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, orang tua juga sebaiknya membiasakan anak untuk melakukan olahraga. Olahraga ringan yang teratur bagus dalam menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Olahraga juga bagus dalam menjaga tubuh anak agar tetap fit dan bugar.

Vitamin anak daya tahan tubuh bisa dicukupi melalui asupan sehat sehari-hari. Dengan tubuh yang tidak mudah sakit, anak akan semakin aktif sehingga tingkat kreatifitas mereka akan semakin bertambah. Jika kebutuhan vitamin telah dicukupi melalui konsumsi makanan sehat, maka vitamin dalam bentuk suplemen tidak lagi dibutuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *