Agar Nafsu Makan Anak Meningkat Secara Alami

Anda memiliki balita di rumah? Pasti pernah mengalami drama ketika di meja makan, dimana si kecil menolak untuk makan. Mulai karena tak suka menunya, sampai dengan merengek karena tidak lapar. Hal ini menjadi kasus umum yang dialami oleh para orangtua. Jika Anda mengalami hal demikian, maka pastinya ingin mencari penambah nafsu makan anak alami.

Hal ini penting karena setiap orangtua ingin nafsu makan anaknya normal hingga tumbuh kembangnya bisa optimal. Di lain sisi, duduk di meja bersama keluarga seharusnya menjadi waktu yang damai bagi semua orang dan juga bagi anak-anak. Namun, orang tua harus menyadari anak yang menolak makan merupakan kondisi yang umum ditemui. Hingga jangan sepenuhnya menyalahkan anak.

Tips Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami

Ada banyak cara untuk membantu menstimulai anak agar ia doyan makan. salah satunya dengan memberinya multivitamin anak, baik itu alami maupun multivitamin yang bisa dibeli di apotek.

Namun, selain penambah nafsu makan anak , sebagai orangtua, kita juga harus kreatif mencari cara jitu menambah nafsu makan anak. Tentunya dengan cara yang menyenangkan dan juga tak membebani anak. Lalu, bagaimana kita bisa menstimulasi nafsu makan anak-anak?
Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda ketika anak-anak tidak mau makan :

1. Biarkan dia memutuskan kapan dia akan makan
Sebenarnya, tidak perlu dipaksa makan, anak akan meminta sendiri untuk makan, saat tubuhnya merespon rasa lapar. Misalnya setelah selesai belajar atau bermain. Maka normalnya anak akan merasa lapar.
Jika anak tidak meminta makan dalam waktu yang lama, barulah kita waspadai adanya kelainan atau penyakit, seperti cacingan. Jika hal ini terjadi, maka orangtua bisa mulai mencari penambah nafsu makan anak alami.

2. Jika anak Anda bisa menggunakan sendok, biarkan dia makan sendiri
Membiasakan anak makan sendiri, selain melatih ia untuk disiplin, juga membuatnya makan lebih banyak. Jadi, jika orangtua sayang pada anak, tak harus ditunjukkan dengan menyuapinya terus ketika makan. Biarkan anak memegang sendiri sendoknya, dan mulai makan dengan disiplin.

3. Tawarkan lebih banyak makanan
Salah satu solusi agar anak makan lebih banyak adalah menawarkan lebih banyak variasi makanan. Hal ini juga bisa membantunya dalam memenuhi nutrisi tubuhnya. Makanan variasi juga penting untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, juga melatihnya untuk bisa makan berbagai makanan, tekstur, mengenali banyak rasa, dan juga tidak membuatnya pilih-pilih makanan.

4. Ganti makanan yang lebih menarik bagi anak
Sangat tidak dianjurkan untuk menuruti setiap menu yang diinginkan anak jika memang merupakan makanan tidak sehat, seperti nugget, mi instan, dan makanan mengandung pengawet.
Jika anak tidak suka sayur, maka ganti menu sehat yang tampilannya lebih menarik. Apa yang dilihat anak bisa memicu nafsu makannya lebih tinggi. Jangan pula taruh camilan di atas meja makan. Karena anak bisa lebih memilih makan camilan dibanding makan sehat yang Anda sajikan.

5. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan
Ciptakan Susana menyenangkan ketika makan. Namun sebisa mungkin hindari sambil menonton TV karena bisa mengganggu ritme makan dan konsentrasi makannya.
Duduk di meja bersama merupakan kebiasaan yang perlu ditanamkan semenjak anak kecil hingga ia bisa memilki pola makan yang sehat yang bisa ia bawa hingga dewasa.

Jika dengan cara di atas, nafsu makan anak tidak segera membaik, dan berat badan tak bertambah dengan semestinya, maka orangtua bisa mulai mencari informasi lebih banyak tentang vitamin dan juga penambah nafsu makan anak alami.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dan ada banyak tumbuhan alami yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja kunyit, adas, dan banyak penambah nafsu makan anak alami lainnya.

Selain mencari bahan alam untuk menambah nafsu makannya, orangtua juga hendaknuya memahami tahap pertumbuhan anak. Karena hal ini bisa jadi faktor ia sulit makan. Pada masa tertentu, normal jika ada perubahan selera makan pada anak Anda. Hal ini bisa terjadi dalam beberapa kondisi, seperti: pertumbuhan gigi atau adanya penyakit. Jika hal ini yang terjadi, maka sebelum memberikan penambah nafsu makan anak alami, maka bisa memeriksakan kondisi anak ke dokter untuk tahu lebih detail kondisi anak Anda.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dijadikan alternatif solusi untuk menambah nafsu makan anak secara alami. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *