Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Balita

Anak di bawah lima tahun memang sering mengalami naik turunnya nafsu makan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti gangguan kesehatan, tumbuhnya gigi hingga anak yang merupakan tipe pemilih makanan. Untuk mengatasinya, Ibu bisa menggunakan vitamin penambah nafsu makan anak yang tepat dan tentunya aman digunakan

Sumber vitamin penambah nafsu makan anak balita

Untuk mendapatkan vitamin penambah nafsu makan anak balita yang efektif, Ibu bisa mencoba beberapa sumber vitamin yang berikut ini.

  • Lysin

Salah satu vitamin penambah nafsu makan anak yang pertama adalah lysin. Lysin mampu meningkatkan nafsu makan si buah hati sekaligus mendukung asupan gizi serta kalori pada anak. Lysin dapat ditemukan dari banyak jenis makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, unggas, telur, keju, daging dan lain sebagainya.

  • Madu

Bukan hanya lysin namun vitamin lain yang juga lengkap dapat juga ditemukan pada madu. Madu dikenal sebagai salah satu produk alam yang dihasilkan oleh lebah. Madu banyak digemari oleh semua kalangan usia karena mudah dikonsumsi serta rasanya yang manis.

Madu mengandung sejumlah nutrisi sehat yang diperlukan oleh tubuh. Madu dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau bisa pula dijadikan sebagai campuran pada minuman. Selain itu madu juga dapat dibuat sebagai bahan pelengkap untuk campuran puding ataupun kue.

Untuk mendapatkan mafaat madu sebagai vitamin penambah nafsu makan anak balita ada baiknya Ibu memilih jenis madu yang alami. Madu yang alami tentu lebih sehat karena belum tercampur oleh zat kimia buatan pabrik.

  • Konsumsi vitamin B kompleks

Mengonsumsi vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 serta vitamin B12 merupakan salah satu vitamin penambah nafsu makan anak balita yang bisa dicoba. Konsumsi vitamin B kompleks secara teratur mampu meningkatkan nafsu makan sekaligus mengontrol mood seseorang yang tengah malas makan. 

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin penambah nafsu makan anak balita selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin C bisa ditemukan dari banyak bahan makanan seperti halnya buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat ditemukan paprika serta buah jeruk.

Paprika terutama yang hijau serta buah jeruk tidak hanya mampu meningkatkan nafsu makan anak melainkan juga bagus dalam mempersehat tubuh si kecil. Ibu bisa memberikannya pada si kecil agar dikonsumsi secara rutin sehingga manfaatnya bisa didapatkan secara optimal. Konsumsi secara cukup vitamin C mampu melancarkan  metabolisme serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada banyak sekali vitamin penambah nafsu makan anak balita seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu Ibu juga dapat meningkatkan nafsu makan si kecil dengan cara berikut ini:

  • Variasikan menu makanan
  • Buat acara makan menjadi sesuatu yang menyenangkan
  • Jangan paksa anak ketika tidak ingin makan
  • Hindari memberi anak banyak camilan atau air minum sebelum waktu makan tiba
  • Goda dengan aroma makanan
  • Bujuk anak makan dengan makanan kesukaan mereka

Vitamin penambah nafsu makan anak balita bisa ditemukan pada hampir semua produk alam seperti buah dan sayur. Hindari penggunaan suplemen jika nutrisi anak telah tercukupi melalui asupan sehat sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *