Makanan Alami – Vitamin Anak Di Bawah 1 Tahun

Anak susah makan menjadi akar masalah medis. Karena kurang nafsu makan bisa membaut anak kurang asupan nutrisi tertentu. Apalagi jika usianya masih di bawah satu tahun. Salah satu efeknya ialah ia jadi lebih mudah sakit dan juga mudah lelah. Karena hal inilah, lalu muncul pertanyaan, haruskah orangtua memberi anak asupan berupa suplemen vitamin anak di bawah 1 tahun?

Lalu, jenis vitamin apa yang harus diberikan untuk anak?

Haruskah memberikan vitamin kepada anak jika ia pilih-pilih untuk dimakan?

Dapatkah memberi lebih dari satu vitamin sehari kepada anak jika dia mengalami kurang nafsu makan?

Berbagai pertanyaan tersebut menjadi beban orangtua yang ingin anaknya tumbuh kembang dengan sempurna seperti anak-anak lainnya. Karena anak yang sehat dimulai dengan asupan makanan yang sehat pula.

Pemberian vitamin anak di bawah 1 tahun

Pemberian vitamin anak di bawah 1 tahun  tidak harus dilakukan jika tidak ada indikasi anak susah makan yang parah hingga ada rujukan dokter untuk konsumsi obat atau vitamin tertentu.

Orangtua yang kreatif bisa membantu anak menemukan nafsu makannya yang normal kembali. Hal ini juga disarankan para ahli gizi. Karena seharusnya vitamin anak di bawah 1 tahun dari suplemen tambahan hanya diberikan saat anak benar-benar membutuhkannya.

Inti dari memberikan anak penambah nafsu makan adalah agar anak tumbuh ideal , tidak mudah sakit, dan perkembangannya organ fisiknya sesuai dengan usianya. Karena itu perhatikan hal-hal berikut dalam pemberian vitamin untuk anak dibawah 1 tahun :

1. Penuhi varisi makanan dengan aneka vitamin

Kekurangan vitamin dari makanan sehat membuat anak mudah terserang sakit, seperti flu, sariawan, dan penyakit lainnya. Bahkan kekurangan vitamin D bisa membuat pertumbuhan tulang anak terganggu. Makanya, anak harus makan berbagai sumber vitamin yang alami dari buah, sayur, daging, ikan, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Jika hal ini bisa dipenuhi, maka anak bisa tumbuh sehat meskipun tidak memiliki berat badan yang sama dengan rekan sebayanya. Anak dengan kecukupan makan seimbang, dengan banyak makanan yang diperkaya dengan vitamin, maka  anak-anak tidak memerlukan suplemen vitamin anak di bawah 1 tahun.

 

vitamin anak di bawah 1 tahun

2. Memahami bahwa gemuk bukan berarti sehat

Banayk orangtua yang ingin anaknya gemuk. Padahal gemuk belum berarti sehat. Anak sehat adalah yang memiliki berat dan tinggi badan seimbang sesuai dengan usianya. Berikan anak makanan sehat agar ia bisa meningkatkan masa otot dan tulangnya, dan bukan menambah timbunan lemaknya.

Justru, terlalu gemuk bisa mengundang penyakit untuk anak. Akibat lainnya ialah anak jadi malas untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

Pastikan anak memiliki berat ideal sesuai dengan grafik pertumbuhan dan usianya. Anak yang terlalu gemuk maupun kurus bisa membuat tumbuh kembang anak kurang maksimal dan memiliki hidup kurang sehat. Pemberian vitamin anak di bawah 1 tahun secara berlebihan juga bisa menjadi pemicu anak untuk gemuk. Maka, gunakan dengan bijak sesuai dosis dan anjuran yang disarankan.

Suplemen  vitamin tidak akan membahayakan anak, asalkan tidak melebihi jumlah harian yang direkomendasikan dari setiap vitamin dan mineral.

3. Memberikan vitamin anak di bawah 1 tahun dengan benar

Salah satu upaya untuk membuat anak memiliki nafsu makan yang baik ialah dengan memberinya vitamin anak di bawah 1 tahun. Cara tepatnya ialah dengan mendapatkan rekomendasi dari dokter. Mengingat banyak sekali suplemen untuk anak.

Suplemen harian adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa anak mendapat cukup vitamin dan mineral, jika mereka belum mendapatkannya melalui makanan yang mereka konsumsi.

Contohnya ketika anak menolak makanan tertentu dan hanya suka makanan yang sama setiap hari. Jika hal ini berlanjut, maka anak bisa mengalami deficit vitamin tertentu. Untuk suplai vitamin, maka butuh vitamin anak di bawah 1 tahun yang dipilih yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *