Perlukah Memberikan Penambah Nafsu Makan Anak 2 Tahun?

Bila balita sedang enggan makan, ibu seharusnya bersabar dan tidak terburu-buru memberikan penambah nafsu makan anak 2 tahun. Anda bisa bertanya kepada si kecil mengapa sekarang tidak mau makan. Mungkin saja ia tidak suka rasa, tekstur, atau variasi makanan yang Anda berikan sehingga Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan buah hati. Yang penting untuk diperhatikan adalah pemberian obat atau suplemen dengan khasiat menambah nafsu makan harus atas petunjuk dokter. Secara umum anak baru diperbolehkan untuk diberikan suplemen multivitamin atau penambah nafsu makan setelah berusia 4 tahun. Tetapi pada kondisi tertentu pemberian suplemen mungkin dibutuhkan sesuai rekomendasi dokter.

penambah nafsu makan anak 2 tahun

Memberikan penambah nafsu makan anak 2 tahun perlu atau tidak?

Sebelum memberikan vitamin penambah nafsu makan anak usia 2 tahun, mungkin beberapa cara berikut bisa membantu.

Masalah: Anak bosan dengan menu harian yang disajikan

Pemecahan: Buatlah hidangan yang bervariasi sehingga anak tidak mudah bosan. Keuntungan lain yang bisa diperoleh si kecil dengan mengonsumsi makanan yang beragam adalah mendapatkan aneka nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan resep-resep untuk anak Anda bisa berkreasi sendiri atau mendapatkan referensi dari internet dan majalah-majalah masakan atau parenting. Agar semakin merangsang nafsu makan anak sajikan menu makanannya dengan menarik, misalnya karakter kartun favorit.

Masalah: Porsi makan terlalu besar

Pemecahan: Jangan memberikan porsi yang terlalu banyak karena kuatir si kecil kelaparan. Tanyakan saja berapa porsi yang dia inginkan agar tak ada makanan yang terbuang.

Masalah: Anak terlalu sibuk main sehingga malas makan

Pemecahan: Sedini mungkin biasakan si kecil makan pada jam-jam teratur sesuai jadwal yang Anda tetapkan. Bila sudah tiba jam makannya, segera hentikan kegiatan bermainnya.

Masalah:  Suasana hatinya buruk

Pemecahan: Bila moodnya sedang buruk, misalnya sedang sedih, marah, atau kesal, memang wajar bila nafsu makan anak menurun.  Jangan memaksanya bila tidak ingin kondisinya semakin buruk. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, berikan hidangan yang sehat serta padat kalori, misalnya tahu isi mie, macaroni skotel, pastel isi kentang, dan sebagainya.

Masalah: Terlalu banyak minum susu

Pemecahan: Mungkin buah hati Anda sebenarnya tak memiliki masalah kurang nafsu makan sehingga membutuhkan penambah nafsu makan anak 2 tahun. Alasan ia tak mau makan mungkin karena perutnya sudah penuh dengan susu yang diberikan orang tua dengan porsi lebih karena khawatir si kecil kelaparan. Setelah anak mengonsumsi makanan padat, kebutuhan susu harus dikurangi, yaitu dua gelas sehari saja untuk usia setahun ke atas dan gantikan dengan variasi menu hidangan sehat.

Masalah: Anak membangkang

Pemecahan: Pada usia dua tahun ke atas kesabaran orang tua benar-benar diuji karena anak tiba pada fase membangkang. Ia mulai suka melawan perintah orang tua, tantrum, melempar makanan, juga memuntahkan makanan di dalam mulut. Bila emosi Anda tersulut dan memaksa si kecil makan, ia akan melawan semakin keras. Untuk mengatasinya upayakan komunikasi yang baik dengan buah hati Anda. Jangan memaksa si kecil apalagi sampai menerapkan hukuman, dan sebaliknya jangan pula membiarkannya tak mau makan.

Setelah menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa mengajak anak banyak bergerak agar kalori dalam tubuhnya banyak terbakar. Dengan demikian ia akan mudah merasa lapar dan nafsu makannya akan membaik. Jangan membiasakan si kecil minum sebelum makan karena perutnya akan cepat merasa kenyang sebelum porsi hidangan habis. Biasakan si kecil mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C karena bisa menjadi penambah nafsu makan anak 2 tahun alami.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *