Pemenuhan Vitamin Anak Agar Nafsu Makan Meningkat

Masalah anak susah makan telah menjadi problem bagi banyak orangtua. Hal ini memunculkan kekhawatiran tersendiri. Anak yang kurang asupan makanan sudah tentu akan deficit nutrisi. Apalagi jika sudah sangat akut, maka dampaknya bisa berkepanjangan. Kurang nafsu makan ini juga bisa ditandai dengan anak yang hanya mau makan menu yang itu-itu saja tanpa ada variasi buah maupun sayur. Jika hal ini terjadi, orangtua bisa mengambil inisiatif berupa memberikan vitamin anak agar nafsu makan membaik. Bisa memilih yang tablet maupun cair.

Memahami Kebutuhan Vitamin Anak Agar Nafsu Makan Membaik

Untuk tahu apakah anak membutuhkan vitamin anak agar nafsu makan membaik atau tidak, maka orangtua harus memahami terlebih dahulu tentang masalah makan terhadap anak. Dengan demikian, maka orangtua bisa mengambil tindakan yang tepat terhadap masalah nafsu makan ini, apakah harus memberinya suplemen khusus ataukah dengan cara lainnya yang lebih aman tanpa efek samping.

Berikut ini ada beberapa masalah anak dengan nafsu makan mereka:

  • Kesulitan mengunyah dan menelan

Pada beberapa kasus, anak sering menolak makanan tertentu, khususnya makanan padat. Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi, anak memiliki masalah saat menelan makanan.  Untuk solusi terbaiknya, konsultasikan dengan dokter. Faktanya banyak anak yang menolak makan lantaran kesulitan mengunyah atau menelan, dokter akan memberikan saran terbaik berdasarkan diagnosis yang tepat.

  • Anak menjadi pemilih dalam hal makanan

Banyak pula ditemui anak yang hanya suka makan itu-itu saja. Saat hal ini terjadi, maka orangtua perlu was-was karena bisa saja ia kekurangan nutrisi tertentu. Apalagi jika ia menghindari makan sayur dan buah.

Asupan makanan anak harsunya seimbang. Terkait masalah ini, banyak orangtua yang memilih memberikan vitamin anak agar nafsu makan anak membaik. Gunanya ialah menstimulasi nafsu makan anak dan juga suplai berbagai nutrisi penting ke tubuh anak.

Ingat, khususnya, vitamin B12 (hanya ditemukan dalam produk hewani dan karenanya harus diberikan sebagai suplemen), kalsium, zat besi, dan vitamin D merupakan zat yang harus dipenuhi anak. Maka dari itulah, orangtua harus lebih pandai dalam mengolah makanan untuk meningkatkan nafsu makan. Karena memberikan suplemen penambah nafsu makan belum tentu memberikanefek signifikan bagi anak.

  • Anak susah makan karena sakit

Jangan mudha menyimpulkan kenapa anak susah makan. Anak belum tentu bisa dicap “nakal” hanya karena ia menolak makan. Bisa saja alasan ia tidak mau makan adalah karena ia sedang sakit hingga kehilangan  nafsu makannya.

Maka sangat penting untuk mendapat saran dari medis untuk mengatasi hal ini. Anak dengan penyakit tertentu butuh anjuran dari dokter jika ingin diberikan vitamin. Misal anak usia 2 tahun dengan sakit alergi, maka orangtua ingin memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak 2 tahun, perlu meminta pertimbangan dokter

  • Anak hanya suka makan roti

Banyak anak yang menolak makan nasi. Beberapa kasus menunjukkan bahwa ada anak yang lebih suka makan roti putih. Hal ini tidaklah berbahaya asalkan diimbangi dengan pola makan yang baik. Diharuskan mendampinginya dengan jenis makanan lain yang sehat, seperti buah dan sayur.

Hal ini karena roti bisa menggantikan nasi sebagai suplai kalori dan energi.  Namun, agar tidak menjadi kelebihan berat badan bagi anak, maka harus ada keseimbangan energi, yaitu asupan makanan harus tidak lebih besar dari aktivitasnya.

Itulah beberapa masalah makan pada anak. Tidak semua masalah bisa selesai dengan pemberian vitamin anak agar nafsu makan meningkat. Namun hal ini bisa salah satu solusi asal suplemen tersebut aman dan juga disetujui dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *