Mencukupi Vitamin Anak dari Buah dan Sayur

Mencukupi kebutuhan si kecil melalui asupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara memberi anak banyak buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi serta gizi yang penting bagi tumbuh kembang si kecil. Terutama untuk anak 1 tahun yang mulai mengenal bergai jenis makanan baru, maka pemberian vitamin anak 1 tahun dapat dimulai dengan memberikan buah dan sayur. Pemberian buah dan sayur ini dapat diberikan langsung atau juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang tentunya dapat membuat si kecil tertarik untuk mengonsumsinya.

Vitamin anak buah dan sayur untuk pertumbuhan

Ada banyak sekali vitamin anak dari buah dan sayur yang bisa Ibu coba dalam membantu tumbuh kembang serta meningkatkan kesehatan anak.

  1. Brokoli

vitamin anak dari brokoliVitamin anak buah dan sayur yang pertama dapat ditemukan dalam jenis sayuran bernama brokoli. Sayuran dengan warna hijau ini bermanfaat dalam mengoptimalkan perkembangan mata serta mencegah terjadinya kerusakan sel. Brokoli juga mengandung serat yang berguna dalam mencegah sembelit serta meningkatkan sistem pencernaan anak.

Memasak brokoli dapat dilakukan dengan banyak cara seperti dibuat topping pada pizza, mengisi omelet, atau bisa pula dipotong kecil-kecil lalu sajikan dengan saus keju, saus tomat atau keju parut di atasnya.

  1. Buah berrie

Selanjutnya berasal dari buah berrie. Jenis buah berrie seperti strawberry atau bahkan blueberri kaya akan vitamin C, antioksidan serta beragam fitokimia penting di dalamnya. Buah berrie bermanfaat dalam melindungi sel-sel sehat dari kerusakanserta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah berrie dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat pula dijadikan sebagai topping untuk pancake, sereal, yogurt serta es krim. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

  1. Pisang

pisang sumber vitamin untuk anakPisang merupakan salah satu sumber vitamin yang dapat ibu coba untuk meningkatkan kesehatan si buah hati. Pisang mengandung gula sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi yang baik. Buah yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C, zat besi, folat serta beragam nutrisi lainnya.

Konsumsi pisang secara rutin membantu anak terhindar dari sembelit hingga mencegah terjadinya diare. Buah pisang memiliki tekstur lembut serta rasa yang manis sehingga banyak digemari oleh anak-anak.

  1. Jjeruk vitamin anakeruk

Buah sehat yang dapat dijadikan sumber vitamin anak selanjutnya adalah buah jeruk. Jenis buah yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa pula diminum secara cara di buat jus. Buah jeruk mengandung vitamin C yang bagus dalam meningkatkan kesehatan anak. Konsumsi buah jeruk secara rutin juga baik dalam mencegah gangguan penyakit pada si kecil.

  1. Alpukat

alpukat sumber vitamin anakBuah alpukat banyak dikonsumsi dan diberikan oleh bayi di seluruh dunia. Buah alpukat sendiri enak dimakan secara langsung atau bisa pula di buat menjadi jus. Buah dengan warna hijau ini mengandung lemak baik yang menyehatkan serta terdapat nilai gizi yang tinggi di dalamnya.

  1. Bayam

sayur bayam untuk vitamin anakBayam banyak dijadikan sayur favorit anggota keluarga indonesia. Selain murah dan mudah didapat Bayam dapat dioleh menjadi banyak jenis masakan seperti dibuat sayur bayam atau digoreng menjadi keripik bayam. Bayam mengandung banyak jenis nutrisi yang bagus bagi anak seperti kalsium, mineral, vitamin A, zat besi serta asam folat.

Manfaat bayam bagi anak dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lain-lain.

Selain berbagai sumber di atas, masih banyak lagi sumber vitamin lain dari berbagai jenis buah dan sayur yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber vitamin alami tubuh anak. Anda bisa berikan sebanyak mungkin variasi sehingga kebutuhan tubuh anak akan vitamin dan nutrisi dapat lebih terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *