Efek Samping Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Vitamin dalam bentuk suplemen banyak diberikan oleh orang tua terlebih ketika si anak tengah mengalami penurunan nafsu makan. Meski demikian, suplemen penambah nafsu makan sendiri bersifat tambahan sehingga tidak baik untuk diberikan secara terus menerus. Karena ditakutkan ada efek samping vitamin penambah nafsu makan anak yang berbahaya.

Waspada efek samping vitamin penambah nafsu makan anak

Suplemen penambah nafsu makan memang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan nafsu makan si kecil. Meski demikian orang tua harus jeli dalam memilih jenis suplemen agar anak terhindar dari gangguan kesehatan akibat reaksi negatif dari suplemen tersebut.

Efek samping vitamin penambah nafsu makan anak yang harus diwaspadai adalah ketika suplemen vitamin tidak cocok bagi si kecil. Meski anak biasa saja saat mengonsumsi vitamin dari makanan alami, namun gangguan bisa saja muncul ketika yang dikonsumsinya adalah suplemen vitamin dalam bentuk sintesis.

Ketidakcocokan si kecil pada suplemen vitamin bisa muncul dalam bentuk alergi. Jika alerginya cukup berat maka tidak butuh waktu lama hingga reaksi negatifnya keluar. Namun ada pula yang muncul setelah pengonsumsian dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa tanda si kecil mengalami alergi akibat efek samping vitamin penambah nafsu makan anak adalah kulit kemerahan, diare hingga gatal-gatal. Jika sudah demikian, bisa saja nafsu makan anak semakin berkurang akibat rasa sakit yang dirasakan.

Alergi akibat efek samping vitamin penambah nafsu makan anak bisa berbeda-beda pada tiap anak tergantung pada sistem kekebalan tubuh masing-masing. Ketika gejala alergi muncul, ada baiknya orang tua segera menghentikan penggunaan suplemen terkait. Segera konsultasikan pada dokter untuk menghindari alergi lanjutan yang buruk bagi kesehatan.

konsultasi saran dokter

Langkah Cermat Memilih Vitamin Bagi Anak

Untuk menghindari efek samping vitamin penambah nafsu makan anak ada baiknya orang tua bijak dalam memilih jenis suplemen. Beberapa tips di bawah ini dapat dilakukan untuk menghindari efek suplemen yang tidak diinginkan.

  1. Perhatikan aturan penggunaan

Sebelum menggunakan vitamin penambah nafsu makan, ada baiknya anda memperhatikan langkah penggunaannya. Perhatikan dosis penggunaan, peringatan hingga cara penyimpanan produk secara teliti. Selain itu perhatikan pula komposisi dari suplemen vitamin yang akan dibeli.

  1. Hindari suplemen berbahan pengawet

Untuk menghindari efek samping vitamin penambah nafsu makan anak ada baiknya orang tua menghindari suplemen dengan kandungan pengawet di dalamnya. Adanya zat pengawet atau jenis zat berbahaya lain dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan si kecil.

  1. Pastikan suplemen telah terdaftar di BPOM

Penting bagi orang tua dalam memilih suplemen yang telah terdaftar di BPOM. Ketika tidak ada keterangan jika suplemen terkait sudah didaftarkan, ada baiknya orang tua menghindari jenis suplemen tersebut. Selain itu perhatikan pula tanggal kadaluarsa dari suplemen.

  1. Kenali istilah-istilah pada vitamin

Mengenali istilah pada suplemen vitamin penambah nafsu makan merupakan langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Dengan mengetahui istilah yang tercantum, anda akan mengetahui jenis komposisi mana yang kemungkinan dapat membahayakan si kecil dan mana yang tidak.

Kesehatan sang buah hati sangatlah penting, maka berhati-hati dalam menjaga asupan mereka sangatlah diharuskan. Efek samping vitamin penambah nafsu makan anak menjadi hal yang harus diwaspadai supaya orang tua tidak sembarangan saat memberikannya pada si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *