Bila Tidak Mau Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak

Bila Tidak Mau Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak

Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak – Sebagian besar anak mengalami periode di mana mereka makan sangat sedikit, hanya makan beberapa makanan yang mereka atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Bagi orangtua yang mengalami hal ini, tentu sangat kahwatir. Utamanya karena anak bisa terancam terkena malnutrisi atau gizi buruk.
Untuk mengatasi masalah di atas, maka orangtua bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Jenis vitamin ini sangat umum ditemukan. Bisa dibeli di apotek dan banyak tempat dengan mudah. Ada yang dalam bentuk tablet, ada pula yang berbentuk cairan.
Semuanya bisa dipilih berdasarkan usia anak dan juga kandungan manfaat di dalamnya. Pada banyak kasus, penggunaan vitamin penambah nafsu makan anak memang bisa membantu. Bukan hanya membuat nafsu makan anak membaik, namun bisa pula menyuplai kebutuhan nutrisi anak.
Meskipun demikian, efek vitamin penambah nafsu makan untuk anak ini berbeda antara anak satu dengan anak yang lainnya. Kondisi tubuh anak bisa memberikan respon yang berbeda terhadap suplemen ini.

vitamin penambah nafsu makan untuk anak

Pemberian Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak

Disamping keuntungan di atas, banyak pula ternyata orangtua yang enggan memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Hal ini bisa dimaklumi karena sebagian orangtua ragu akan bahan yang dikandung di dalam suplemen tersebut.
Jika enggan memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak, maka untuk mengatasi anak susah makan, bisa dilakukan dengan cara lain.

1. Pahami selera makan anak
Semua anak berbeda dan memiliki selera yang berbeda pula terhadap makanan. Porsi yang dibutuhkan masing-masing anak juga berbeda. Berapa banyak makanan yang dimakan anak-anak bervariasi dari hari ke hari. Anak-anak yang sehat biasanya makan dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang dan kalori yang dibutuhkan untuk kegiatan hariannya.

2. Pahami kondisi tumbuh kembang anak
Jika anak makan lebih sedikit atau hanya ingin makan hidangan tertentu, orangtua mungkin berpikir bahwa hal tersebut sangat berbahaya. Bahkan sering kali membuat orangtua tress karenanya. Maka dari itu, banyak dari mereka yang buru-buru memberikan suplemen vitamin penambah nafsu makan untuk anak.
Padahal, bisa saja, anak susah makan karena sakit atau merasa stress dengan lingkungan baru, sekolah baru. Bisa juga karena anak sakit.

3. Pandailah memilih makanan alternatif
Jika anak-anak menolak makan makanan tertentu saat makan, padahal makanan itu baik untuknya, maka segera carilah alternatifnya. Jika anak menolak makan nasi, maka berikan kentang atau jagung sebagai pengganti kalorinya.
Untuk kebutuhan proteinnya, jika ia tak suka daging, maka orangtua bisa memberikan protein dalam ikan. Pemberian vitamin penambah nafsu makan untuk anak sesuai usia dan juga dari produk terpercaya bisa membantu. Namun tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber nutrisi anak. Si kecil tetap butuh nutrisi lengkap dari bahan makanan yang sehat. Hingga ia bisa mengenal lebih banyak rasa, tekstur, dan merangsang kekuatan giginya untuk mengunyah.

Jika anak menolak makan, namun ia masih dalam kondisi berat badan sesuai dengan grafik usianya, maka jangan buru-buru memberikan suplemen vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Ada baiknya tetap penuhi nutrisinya dengan makanan sehat yang dimasak sendiri di rumah dari bahan makanan terbaik dan sehat. Cara ini lebih aman untuk anak, asalkan pandai dalam menyajikan jenis makanan yang berbeda untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *