Apakah Perlu Memberi Vitamin Anak Biar Cepat Gemuk

Hingga saat ini masih banyak orang tua yang menganggap bahwa anak yang sehat adalah anak yang berbadan gemuk dan makan dengan lahap. Tetapi anggapan ini tak sepenuhnya benar karena anak gemuk belum tentu kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Alih-alih demikian bukan tak mungkin yang bersangkutan justru mengalami obesitas karena terlalu banyak mengonsumsi fast food. Jadi jangan panik dulu bila si kecil tak terlihat semontok teman-temannya asalkan tinggi dan berat badannya masih tergolong ideal. Nah, daripada memberikan vitamin anak biar cepat gemuk, bila buah hati kurang nafsu makan, beberapa upaya berikut mungkin bisa membantu.

Lakukan ini sebelum memberi anak vitamin anak biar cepat gemuk

Anak yang tidak bernafsu makan seringkali membuat orang tua khawatir bahwa tumbuh kembangnya akan terganggu. Inilah sebabnya mereka kerap memberikan suplemen atau multivitamin penambah nafsu makan agar tubuh buah hati semakin berisi. Untuk kondisi tertentu pemberian vitamin anak perlu rekomendasi dari dokter, misalnya ketika anak sakit atau mempunyai alergi terntentu. Nah, sebelum memutuskan untuk memberi vitamin anak biar cepat gemuk cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut.

  • Jangan terlalu memaksa
    Mungkin saja karena tengah dilanda stress karena pekerjaan menumpuk sementara si kecil rewel dan tak mau makan orang tua kerap kehilangan kesabaran dan memaksa anak makan dengan omelan atau mungkin cubitan. Bukannya membuat anak makan dengan lahap, tindakan ini justru membuat buah hati semakin malas. Sebagai langkah awal cobalah untuk membujuk si kecil dengan lembut.
  • Tampilan menu yang menarik serta variatif
    Cobalah menarik minat si kecil dengan membuatkannya menu makan yang variatif serta dengan tampilan yang menarik. Semakin banyak variasi yang Anda sajikan nutrisi yang diasup si kecil akan kian beragam. Berikutnya, pelajari cara menghias makanan misalnya seperti karakter kartun favoritnya.
  • Jadwal makan rutin
    Alih-alih memberinya suplemen nafsu makan atau agar anak cepat gemuk, sebaiknya sejak awal tetapkan jadwal makan secara teratur. Dengan begitu ia akan terbiasa untuk bersantap pada waktu yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini juga akan membawa dampak positif di masa dewasa nanti.
  • Snack sehat
    Bila Anda merasa buah hati makan terlalu sedikit, jangan buru-buru memberinya vitamin anak biar cepat gemuk. Salah satu solusinya adalah memberikan snack yang lezat di sela-sela waktu makan. Pudding buah, es lilin dari jus buah, atau kue wortel bisa menjadi pilihan camilan sehat sekaligus lezat dan sudah pasti terjaga kebersihannya karena buatan sendiri.
  • Makan lebih sering
    Bila si kecil sedang malas makan, jangan langsung memberinya makanan dalam jumlah banyak melainkan dalam porsi kecil asalkan lebih sering. Bila anak-anak cepat bosan, setiap dua atau tiga jam Anda bisa memberinya makanan dengan menu berbeda.
  • Hindari terlalu banyak minum
    Jangan meletakkan gelas atau botol minum yang dekat dengan jangkauan anak saat ia makan. Ini membuatnya banyak minum yang bisa membuat perutnya kembung dan cepat kenyang. Minum terlalu banyak segera setelah selesai makan juga tak dianjurkan karena bisa mengganggu penyerapan zat gizi. Sebaiknya beri minum satu dua teguk saja sekedar untuk menghilangkan sisa makanan dalam mulut dan sebaiknya bukan minuman manis.
  • Mengutamakan kualitas
    Bila si kecil memang tak mempunyai nafsu makan besar, pastikan bahwa makanan yang diasupnya kaya nutrisi. Dengan demikian kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh juga akan terpenuhi secara optimal. Jadi intinya jangan mengutamakan kuantitas tetapi kualitas makanan anak. Memberi makanan yang mengandung zinc juga bisa membantu meningkatkan nafsu makannya. Misalnya, sayuran hijau, ikan, daging ayam, daging sapi, bayam, dan lain-lain.

Demikian beberapa cara  untuk meningkatkan nafsu makan dan kualitas makan anak sehingga dapat membantu menambah berat badan anak. Jadi pemberian vitamin anak biar cepat gemuk tidak mesti selalu dilakukan. Terutama untuk anak dengan kondisi khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *